Anak Suka Mengejan Saat BAB, Waspada Gejala Sembelit

Mengejan saat buang air besar adalah wajar. Namun, jika anak sering tegang saat buang air besar, ia mungkin akan terpengaruh sembelit atau sulit buang air besar. Anak-anak memaksakan diri untuk mendorong agar kotoran mereka keluar.

Ibu perlu memperhatikan kebiasaan anak saat buang air besar, apakah ia sering mendorong atau tidak. Jika demikian, ada efek kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Anak-anak sering mendorong ketika BAB adalah tanda sembelit

pencahar untuk anak-anak sembelit

Sembelit adalah kondisi umum dengan keluhan BAB sulit. Ini disebabkan usus besar tidak mengalami pergerakan dorong bangku keluar, jadi tekstur tinja keras dan kering.,

Penyebab sembelit yang paling umum pada anak-anak dia belajar buang air besar di toilet atau dikenal dengan nama pelatihan toilet dan perubahan pola makan. Perubahan pola makan dimaksudkan, ketika anak-anak mulai makan makanan padat atau makan lebih sedikit serat dalam sayuran dan buah-buahan. 2

Sembelit dapat terjadi ketika tinja bergerak terlalu lambat di usus besar. Ini juga berdampak, semakin lambat makanan bergerak melalui saluran pencernaan, semakin banyak air yang diserap di usus besar dan tinja akan semakin mengeras.

Ketika seorang anak ingin buang air besar, tetapi fesesnya sulit dikeluarkan, ia secara refleks memaksakan diri dengan mendorong. Seperti yang Klinik Mayo katakanlah, kadang-kadang anak-anak takut untuk memberi tahu orang tua mereka ketika mereka mengalami sakit perut karena sembelit.3

Orang tua juga perlu mengetahui beberapa sikap yang menunjukkan anak mengalami konstipasi, sebagai berikut. 2

  • Menyilangkan kakinya
  • Kencangkan pantat agar tidak buang air besar
  • Tubuhnya meregang kesakitan
  • Wajahnya seperti memegang BAB

Namun, setiap anak pergi ke kamar mandi yang perlu diperhatikan orang tua apakah ia sering mendorong saat buang air besar atau tidak. Jika ternyata ya, diikuti dengan sikap di atas, inilah saatnya Anda perlu membantu anak Anda mengatasi masalah konstipasi sehingga buang air besar lancar dan ia tidak lagi mendorong.

Ibu perlu mendekat dengan lembut dan perlahan. Tidak perlu memarahinya, sehingga anak bisa berbicara lugas tentang kondisi yang dialaminya. Jangan biarkan anak Anda terlalu sering mendorong, karena mendorong dapat berdampak buruk untuk kesehatannya.

Bahaya anak tegang saat buang air besar karena sembelit

bagaimana menghadapi sembelit dalam pengobatan anak untuk

Kondisi sembelit memang membuat perut anak tidak nyaman. Kapan sembelit membuat anak terus mendorong setiap kali buang air besar, dapat menyebabkan komplikasi berikut.

1. Robekan kecil jaringan anal

Robekan jaringan anal kecil ini biasa disebut sebagai celah anal. Ini terjadi ketika anak dipaksa keluar dari buang air besar. Ketika terjadi robekan pada jaringan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan perdarahan saat anak buang air besar.

2. Wasir

Wasir atau wasir dapat terjadi pada anak-anak yang sering mengejan saat buang air besar. Ini terjadi ketika pembuluh darah di anus dan rektum (organ yang menampung feses yang terletak di ujung usus besar) bengkak. Wasir menyebabkan gatal dan nyeri pada dubur anak.

3. Prolaps rektum

Prolaps rektum adalah suatu kondisi ketika rektum jatuh atau keluar ke anus, dari posisi normal. Ketika kondisi anak sembelit dan membuatnya sering mengejan, ini bisa berbahaya. Jika tidak segera diobati, itu dapat meningkatkan risiko prolaps dubur.5

Mengatasi sembelit pada anak-anak segera

anak-anak mendorong ketika buang air besar

Agar konstipasi anak dapat segera diobati sehingga ia tidak lagi mendorong saat buang air besar, Anda bisa memberikan obat pencahar atau pencahar. Untuk anak-anak, pilih kandungan laktulosa untuk meredakan gejala sembelit.

Laktulosa dipecah di usus besar untuk membantu menarik air dari tubuh ke usus besar untuk membantu melunakkan tinja. Laktulosa dapat menunggu hingga 48 jam setelah pemberian untuk bekerja dengan konstipasi pada anak-anak.,.

Laktulosa biasanya dapat dikonsumsi tanpa atau bersamaan dengan makanan atau minuman. Untuk anak-anak yang mengalami kesulitan minum obat, ibu dapat menggabungkan obat dengan konsumsi susu atau jus buah sehingga dia bisa lebih mudah meminumnya 7. Jangan lupa membaca aturan penggunaan, sesuai dengan usia anak pada label kemasan obat.

Ketika anak sudah pulih dari sembelit, selalu menambah asupan serat harian mereka dengan menyediakan sayur dan buah, mengingatkan dia untuk tidak menahan buang air besar, membawanya ke aktivitas fisik, dan minum banyak air sehingga sistem pencernaan selalu sehat 2.

Posting Anak Suka Mengejan Ketika BAB, Waspada Gejala Sembelit muncul pertama kali di Hello Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here