7 Barang Penting Selama Bulan Ramadan saat Pandemi COVID-19

Ramadhan tahun ini sangat berbeda karena dihidupkan bersamaan dengan pandemi COVID-19 yang membuat orang Indonesia tidak dapat berteman dengan keluarga mereka di rumah. Ibadah selama bulan Ramadhan juga harus diadakan di rumah mereka untuk menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Karena itu, Anda bisa mempersiapkan diri menghadapi kondisi pandemi COVID agar tidak mengganggu puasa selama bulan suci ini. Berikut adalah 7 item yang perlu disiapkan selama Ramadhan selama pandemi COVID-19.

  1. Pensanitasi tangan

Penerapan CBDR membuat orang belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Namun, masih ada waktu ketika Anda harus meninggalkan rumah karena urusan yang mendesak. Terkadang, tidak semua tempat menyediakan wastafel. Karena itu, disarankan untuk selalu membawa pensanitasi tangan setiap kali Anda meninggalkan rumah. Pensanitasi tangan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol dapat membunuh virus yang menempel di permukaan tangan.

  1. Masker

Jika Anda ingin bepergian ke luar rumah menggunakan transportasi umum, sepeda motor, atau mobil pribadi, masker harus dipakai untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa memakai topeng, apakah masker N95, masker medis, dan topeng kain dapat menghambat penyebaran virus dan mencegah virus memasuki hidung atau mulut secara langsung.

  1. Desinfektan

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi penyebaran virus korona adalah dengan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan rumah. Disinfektan dapat digunakan untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri, termasuk virus korona. Berbasis disinfektan hidrogen peroksida atau alkohol yang kuat untuk mensterilkan permukaan benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, sakelar lampu, kunci rumah, dan sebagainya.

  1. Sabun tangan

Penelitian menunjukkan bahwa sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membunuh virus korona di permukaan tangan. Karena itu, disarankan untuk menyediakan sabun cuci tangan di rumah dan mencuci tangan sebelum fajar, sebelum melanggar, sebelum menyentuh wajah, dll., Untuk menjaga kebersihan pribadi dan mengurangi penyebaran virus korona.

  1. Vitamin C

Kekurangan vitamin C membuat seseorang rentan terhadap infeksi dan penurunan kekebalan. Sebaliknya, asupan vitamin C yang cukup dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang sangat penting untuk mencegah korona. Vitamin C mudah diperoleh melalui buah-buahan dan juga tersedia sebagai suplemen makanan. Karena itu, konsumsi vitamin C saat sahur dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama beraktivitas sepanjang hari.

  1. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak dan berfungsi sebagai antioksidan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, dan biji-bijian dapat dikonsumsi saat fajar dan berbuka puasa untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Makanan bergizi

Selama puasa, tubuh menahan dahaga dan lapar selama sekitar 12 jam. Karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah saat sahur dan berbuka puasa. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, nutrisi tubuh akan terpenuhi sehingga tidak mudah sakit.1 Makanan bergizi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah virus korona.1

Menyiapkan barang-barang di atas dapat membantu Anda untuk tetap sehat dan dapat melakukan puasa dengan benar. Menjalankan puasa dengan kondisi pandemi COVID-19 tidaklah mudah, tetapi bulan Ramadhan masih harus diartikan sebagai bulan suci dan membawa berkah.

Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan informasi kesehatan lain atau membutuhkan produk kesehatan, Anda dapat mengaksesnya www.prosehat.com atau instal aplikasi ProSehat atau dapat memanggil nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Tel / SMS / WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Ditulis oleh: dr. Fenyta Christyani

BIBLIOGRAFI

  1. Childs, Calder, & Miles. (2019). Diet dan Fungsi Kekebalan Tubuh. Nutrisi, 11(8), 1933. doi: 10.3390 / nu11081933
  2. Emas NA, Avva U. Pembersih Alkohol. [Updated 2020 Feb 6]. Di: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan-. Tersedia dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK513254/
  3. Ma, Q., Shan, H., Zhang, H., Li, G., Yang, R., & Chen, J. (2020). Utilitas potensial dari pemakaian masker dan kebersihan tangan instan untuk melawan SARS-CoV-2. Jurnal Virologi Medis. doi: 10.1002 / jmv.25805
  4. Carr, A., & Maggini, S. (2017). Vitamin C dan Fungsi Kekebalan Tubuh. Nutrisi, 9(11), 1211. doi: 10.3390 / nu9111211
  5. Lewis, E., Meydani, S., & Wu, D. (2018). Peran regulasi vitamin E dalam sistem kekebalan tubuh dan peradangan. IUBMB Life, 71(4), 487-494. doi: 10.1002 / iub.1976
  6. Rabenau, H., Kampf, G., Cinatl, J., & Doerr, H. (2005). Khasiat berbagai disinfektan terhadap coronavirus SARS. Jurnal Infeksi Rumah Sakit, 61(2), 107-111. doi: 10.1016 / j.jhin.2004.12.023
  7. org [Internet]. Cologne, Jerman: Lembaga Kualitas dan Efisiensi dalam Perawatan Kesehatan (IQWiG); 2006-. Bagaimana Anda dapat mencegah infeksi coronavirus? 2020 Maret 26 [Updated 2020 Mar 26].Tersedia dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK555498/

Posting 7 Item Penting Selama Ramadhan selama Pandemi COVID-19 muncul pertama kali di ProSehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here